KBB # 22 “Made In Indonesia with Spun Sugar”

Image

Dah lama banget kepengen menjadi bagian dari KBB, palagi kalo liat postingan temen-temen blogger, wuih semakin kepengen aja, tanpa sengaja nemu blognya KBB, baca tatib sempat sedih karena harus menuggu tahun depan untuk bisa menjadi anggota. Gak apalah yang penting daftar dulu.

Hohoho…tak disangka, setelah cek email, dapet kiriman dari mba Arfi kalo aku di ikutkan pada tantangan percobaan. Senengnya tak terkira, ternyata gak perlu menunggu tahun depan. thanks ya mba….

dag dig dug juga menunggu surat cinta dari ibu hostnya, dan alamaaak… tantangan pertama ini bikin kaget, baru denger yang namanya Spun Sugar. abis terima surtjin, tanya-tanya mbah google, langsung deh uplek-uplek di dapur. ternyata tidak semudah yang ku kira, bolak balik gagal, tapi tetep aja berusaha. dah ikut aturan temen2 dimilis, tetep juga gagal. entah itu keenceran ato malah mengkristal. bener2 butuh perjuangan untuk selesaikan tantangan ini.

sampai akhirnya…
sepulang sekolah shofia cerita cooking class di sekolahnya bikin permen gulali, dia minta bikin lagi di rumah. dia minta lilin, sendok, gula n stik es cream. shofia gak mau dibantuin,’ ‘umi liat aja yah’ katanya. gula ditaruh di sendok, trus di panasi di atas lilin yang menyala. setelah beberapa lama, gulanya jadi karamel, kemudian stik es cream di gulingkan di karamel tersebut, setelah agak dingin,stik ditarik, eh, ada yang menyerupai benang.
langsung semangat deh untuk mencoba bikin spun sugar lagi,tapi harus menunggu malam karena shofia minta di temani.

untuk menemani si spun sugar, aku bikin cupcake markisa, kebetulan markisa depan rumah lagi berbuah. komposisi bahan sesuai selera, asal aja tapi tetap di takar.

Image

Bahan nya :

6 butir telur
250 gr gula pasir
175 gr terigu
25 gr susu bubuk
25 gr maizena
1 sdt SP
3 sdm air markisa ( 3 buah markisa di saring airnya )
200 gr mentega di cairkan

cara bikinnya :
panaskan oven dan siapkan loyang cupcake, isi dengan kertas cup, sisihkan
selain mentega, kocok semua bahan hingga mengembang
tuang mentega, kocok lagi sebentar
tuang ke dalam loyang cupcake setinggi 2/3 loyang
oven hingga matang

Image

bahan :
1  cup gula pasir
7/8 cup air

cara bikin :
siapkan tempat untuk spin karamelnya, kalo aku pake meja belajarnya anak2. mejanya di balik, alasi dengan koran, jangan lupa lantainya juga,biar gak susah bersihin nya.
jangan lupa pake pakaian yang  tertutup, bila perlu pake kaos kaki juga. khawatirnya ntar kecipratan karamel panas.
siapkan sebaskom air dingin untuk mencelup panci (ngikut tips di milis)
siapkan whisk (kalo aku pake tusuk gigi yang di ikatkan di rolling pin, soale pernah pake garpu yang ada gagal terus)
rebus gula dan air dengan api kecil aja biar gak gosong (butuh kesabaran untuk menunggu hingga benar2 menjadi karamel)
setelah berubah warna menjadi kecoklatan, angkat dan langsung celupkan bagian bawah panci ke dalam baskom berisi air, aduk sebentar, setelah uap berkurang, siap di spin.
hati-hati…

dan Taraaaaaaaaaaa… jadilah spun sugar ku, gulung2 bentuk sarang burung, letakkan di atas cupcake yang sudah di tutup fondant.
ternyata bikin spun sugar tu asyik dan menyenangkan lho. gak ada salahnya di coba.

Image

akhirnya….
dapat juga logo lulusnya. Alhamdulillah…

Image

Leave a comment