KBB # 39 Made in Indonesia “Lapis Legit Prune”

Image

Terima surat cinta dari host KBB, deg deg serrrr

bikin lapis legit ??? haaaa ???

gak kebayang ribetnya. secara belum pernah sekalipun mencoba membuat kue ini.  hadeuuuh…

mikirin nglapisnya itu lho udah bikin patah hati duluan.

tapi demiiii… demi apa ya? penasaran aja pengen bisa. memang bener-bener dh KBB ini,

akhirnya….

kuatkan tekad, mantapkan hati, mulai lah mengekskusi si LAPIS LEGIT ini.

langsung aja aku copy resepnya dari Grup dengan beberapa yang aku skip sesuai dengan bahan yang ada.

berhubung gak nemu yang namanya prunes, jadilah Lapis Legit polosan.

 

Sumber: Binder Primarasa

Bahan:

margarin/mentega untuk olesan

200 gr   mentega

200 gr   margarin

2 sdm   susu kental manis

27         kuning telur (aku ake 30)

2           putih telur (skip)

200 gr    gula kastor

20 gr     emulsifier (TBM), optional

½ sdt    vanili bubuk

60 gr     tepung terigu, ayak dengan

25 gr     maizena

 

Taburan:

200 gr    manisan buah prune, buang bijinya, belah dua. (skip)

sebenarnya bisa ganti dengan kismis, tapi aku lupa beli.

 

Image

Cara:

1. Olesi dasar loyang ukuran 18x18x5 cm dengan margarin, alasi kertas roti, olesi margarin.

2. Kocok mentega, margarin, susu kental manis dengan mixer hingga putih dan lembut (± 15 menit).

3. Dalam mangkuk lain, kocok kuning dan putih telur, gula, emulsifier, vanili hingga putih dan kental (± 20 menit).

4. Masukkan campuran mentega sedikit demi sedikit ke dalam telur kocok, aduk rata dengan mixer. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk dengan spatula hingga rata.

5. Lapisan I: Panaskan oven dengan api bawah sampai mencapai suhu 180oC. Tuang 1 sendok sayur (± 50 mL) adonan ke dalam loyang, ratakan dengan punggung sendok makan/spatula.

6. Masukkan ke dalam oven, taruh di rak paling bawah. Panggang kue sampai kecoklatan (± 3 menit), keluarkan dari oven, olesi permukaannya dengan margarin/mentega, tekan-tekan dengan alat pemadat supaya rata dan padat.

7. Lapisan II: Tetap menggunakan api bawah, tuang 2 sdm (± 25 mL) adonan, ratakan, panggang kembali sampai kecoklatan (± 3 menit), olesi margarin/mentega, tekan-tekan.

8. Lapisan III dan seterusnya: Ulangi step 7 sebanyak 4x.

Matikan api bawah, nyalakan api atas. Pakai api kecil saja. Teruskan melapis sampai sisa adonan habis. Setiap selesai memanggang tekan kue supaya rata dan padat, baru tuangi adonan.

Setiap selesai mengerjakan 3 lapisan, susun potongan prune di atasnya. Sisakan 4-5 potong prune untuk hiasan bagian atas kue.

Setelah adonan habis, matikan api atas, nyalakan kembali api bawah pada suhu 180oC. Pindahkan kue ke rak tengah, teruskan memanggang selama ± 15 menit, agar setiap lapisan kue masak. Keluarkan dari oven, dinginkan. Potong-potong sesuai selera.

 

Dengan penuh kesabaran…

Bayangin, aku nungguin ngoven ini dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. hadeuuuuh…

padahal aku buru-buru juga mau ke tempat ibuku. secara dah lama gak pulang mudik..

Hanif n Shofi smp bosen liatin aku nongkrong depan oven. jadi nanya dh.

“umi, itu berapa lapis sih?”

ku jawab ” Ratusaaaan…”

mereka langsung tepok jidat n berlalu.

 

Akhirnya….

Taraaaaa…

Alhamdulillah…

Jadi juga Lapis Legitku.

Senangnya, sampai di rumah ibu, habislah tu kue ma ponakan ku yang saat itu lagi ngumpul di tempat niniknya.

Image

 

 

Alhamdulillah… dapat logo lulus.

Logo Lulus KBB 39 Lapis Legit(2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s